photo 517-1-1354171856png_zpsd90812ea.gif

Jumat, 16 April 2010

IMD ( INISIASI MENYUSUI DINI )

Tindakan aktif yang ditunjukkan pada bayi sehat yang dilakukan segera setelah bayi dilahirkan dari ruang persalinan dengan cara meletakkan bayi pada dada ibu sehingga bayi dapat melakukan eksplorasi dengan mencari, menemukan dan akhirnya menghisap puting susu ibu untuk mendapatkan ASI pertama secara dini.

Dengan melakukan tindakan ini bayi secara langsung akan mendapatkan kehangatan dari suhu tubuh ibu, disamping itu reflek hisap bayi pada puting susu akan merangsang pengeluaran hormon prolactin dan hormon oxytocin.

Hormon prolactin berfungsi untuk menstimulasi produksi air susu dengan batuan hormon oxytocin maka air susu yang dihasilkan akan dikeluarkan dari puting susu ibu.
Disamping itu dari hisapan bayi pada puting susu akan menstimulasi pengeluaran enzim-enzim pencernaan yang akan digunakan untuk mencerna susu yang diminum.
Dan yang terpenting , IMD membawa dampak yang positif yaitu terjalinnya hubungan tali kasih antara bayi dengan ibunya yang terbukti meningkatkan keberhasilan dalam pemberian ASI ekslusif.

Disisi lain, ASI yang didapat sebagai sumber makanan utama pada bayi membawa banyak sekali keuntungan dibanding dengan susu formula. Disamping sebagai sumber makanan alamiah untuk bayi-bayi selama 6 bulan pertama.

Keuntungan ASI yaitu tersedia setiap saat dalam temperatur yang ideal, tidak memerlukan penyajian, bebas kontaminasi bakteri dan segar, sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan.

ASI juga diketahui mengurangi resiko terjadinya alergi dan intoleransi pencernaan. Dan disamping itu kandungan ASI juga diketahui mengandung banyak anti body yang berfungsi membasmi bakteri dan virus serta mengandung kadar Imunoglobulin A yang tinggi yang berguna untuk mencegah perlekatan mikroorganisme pada dinding usus sehingga menurunkan resiko terjadinya diare, infeksi telinga bahkan radang otak (meningitis).

Tidak ada komentar: